Kuliner

Efek Samping Dari Kopi Hijau Yang Harus Kamu Tahu

Kopi hijau memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, membantu mencegah kanker dan diabetes. Namun banyak orang yang tidak tahu efek samping dari mengonsumsi kopi hijau secara berlebihan, hal ini dapat terjadi karena orang tersebut mengonsumsi kopi hijau secara salah dan tidak benar.

Seperti kita tahu proses pengolahan biji kopi untuk menjadi kopi hijau tidak melalui prosesĀ  di panggang seperti kopi-kopi lain, melainkan hanya sampai tahap Roasting dan bisa kita sebut setengah matang. Hal ini di buktikan dengan warna kopi yang berwarna hijau atau kusam dengan tingkat air di dalam kopi masih ada. Ini menjadikan kopi hijau memiliki Asam Klorogenat yang banyak di bandingkan kopi biasa, oleh karena itu harus berhati-hati dan sesuai aturan dalam mengonsumsi kopi hijau ini.

Kopi Hijau

Efek samping kopi hijau jika tidak di konsumsi secara tidak teratur, dapat memberikan berbagai gangguan kesehatan, karena mau bagaimanapun kopi hijau mengandung kafein.

Mengonsumsi kopi hijau secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada bagian kepala seperti sakit kepala, telinga berdenging, sering cemas dan detak jantung tidak teratur. Hal ini di sebabkan karena kandungan kafein yang terkandung dapat mengganggu beberapa sistem di tubuh, namun itu jika di konsumsi secara berlebihan.

Efek samping lainya dari mengonsumsi kopi hijau adalah gangguan pencernaan, bagi yang memiliki penyakit gangguan pencernaan seperti asam lambung, maag dan yang lainya, diharapkan agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi teh hijauĀ  ini. karena jika tidak berhati-hati penyakit pencernaan yang di derita akan terganggu.

Efek samping yang sudah jelas dari kafein adalah gangguan tidur atau insomnia, insomnia akan menyebabkan penderitanya sulit untuk tertidur secara normal, biasanya orang yang mengalami insomnia sering tidur larut malam. Insomnia sering di barengi dengan meningkatnya detak jantung dan rasa gelisah berlebih, sehingga hal tersebut dapat menjadi gangguan kesehatan yang harus di hindari. Oleh karena itu kopi sering kali di jadikan minuman untuk menemani aktivitas yang di kerjakan hingga larut malam, hal tersebut karena kandungan kafein dapat membantu seseorang tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Kopi hijau memiliki kandungan asam klorogenat yang lebih banyak dari kopi hitam biasam jika tubuh terus-menerus menerima zat tersebut hal ini dapat meningkatkan kadar plasma homosistein dalam tubuh yang dapat berhubungan dengan penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, karena penyakit ini dapat seketika merenggut nyawa orang. Oleh karena itu bijaklah dalam mengonsumsi kopi hijau karena ada efek samping yang dapat memicu penyakit jantung tersebut.

Efek samping ini biasanya terjadi dengan orang yang mengonsumsi kopi hijau secara berlebihan dengan tujuan agar dapat menurunkan berat badan tubuh dan membakar lemak dengan singkat. Hal ini tentu saja sangat keliru karena proses pembakaran lemak untuk menurunkan berat badan tidak dapat di lakukan dengan waktu singkat, karena jika ingin menurunkan berat badan dengan kopi hijau harus di barengi dengan Asupan makanan yang baik dan tetap berolahraga. Kemudian ada juga kasus yang di temukan dimana ada orang yang meminum kopi hijau dan di barengi dengan suplemen yang mengandung kopi hijau, hal tersebut sehingga menyebabkan orang tersebut terkena gangguan kesehatan.

Jadi kesimpulannya mengonsumsi kopi hijau sangat bermanfaat untuk tubuh asal di konsumsi secara teratur dan tidak berlebihan. Hal ini bertujuan agar tidak ada efek samping yang akan di terima tubuh akibat mengonsumsi kopi hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *