Bisnis

Investasi Reksadana dan Prospektus yang Harus Dipahami

Prospektus Investasi Reksadana

Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan. Ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih dan salah satunya adalah investasi reksadana Reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang dipilih oleh pemula karena mudah misalnya lewat toko online terpercaya yang menyediakan reksadana dan bisa dilakukan bahkan dengan modal yang sedikit, umumnya minimal Rp 100.000.

Sebelum memulai untuk menginvestasikan uang Anda lewat reksadana, Anda harus tahu dan paham terlebih dahulu mengenai prospektus reksadana. Pemahaman lewat prospektus ini akan sangat menentukan hasil reksadana yang Anda miliki dan target keuntungan Anda inginkan. Prospektus tersebut menjadi pedoman atau suatu acuan sebelum Anda tanam dana lewat reksadana. Prospektus reksadana merupakan suatu dokumen yang berisi mengenai informasi detail produk reksadana mulai dari pembentukan reksadana sampai keterangan penyebaran prospektus, formulir pembelian unit reksadana dan pembubatan/likuidasi reksadana.

Per periode tertentu, dokumen atau prospektus tersebut akan diperbaharui dan diterbitkan oleh perusahaan Manajer Investasi sehingga investor reksadana bisa mendapatkan informasi yang paling baru terkait dengan produk reksadana pilihan. Ketika membaca suatu prospektus reksadana, ada bagian yang harus diperhatikan. Pertama adalah manajer investasi. Seorang investor harus mengetahui track record dari manajer investasi tersebut. Track record bisa berkaitan dengan prestasi yang dimiliki oleh MI tersebut, pengalaman dalam mengatasi investasi dan mengelola produk reksadana serta pihak yang terafiliasi dengan MI. Pertimbangan terkait dengan MI ini sangat penting sebab MI akan mengelola dana investor sehingga jika salah memilih MI maka hasil investasi tidak sesuai target atau hasil yang diinginkan bahkan merugi.

Prospektus Investasi Reksadana

Kedua adalah tujuan, kebijakan, pembatasan investasi. Bagian pada prospektus reksadana ini berisi mengenai tujuan dari produk investasi reksadana serta kebijakan strategi dalam pengalokasian aset reksadana. Bagian ini juga membahas atau berisi informasi mengenai pembatasan investasi yang merupakan hal yang isinya larangan MI dalam melaksanakan strategi investasi, misalnya melaksanakan margin dan transaksi short selling.

Ketiga adalah mengenai manfaat dan faktor resiko dari investasi reksadana. Setiap jenis investasi memiliki manfaat dan resiko yang berbeda dan reksadana memiliki resiko tersendiri. Manfaat dan resiko dari reksadana yang Anda harus tahu yaitu:

Manfaat:

  • Pengelolaan investasi yang profesional dan dilakukan oleh manajer investasi yang berkompeten.
  • Pertumbuhan nilai asset.
  • Adanya diversifikasi investasi dimana dana investasi dari para investor tersebut dikelola dan diinvestasikan ke beberapa aset.
  • Transparansi dalam investasi.

Resiko:

  • Resiko penurunan nilai aktiva bersih atau NAB.
  • Adanya resiko likuiditas.
  • Resiko perubahan kondisi politik dan ekonomi.
  • Adanya perubahan tingkat suku bunga.

Keempat adalah mengenai alokasi dan imbalan jasa. Bagian ini menjelaskan mengenai rincian jenis serta besaran dari biaya terkait dengan investasi produk reksadana. Biaya tersebut terkait dengan biaya reksadana, biaya pemegang unit penyertaan reksadana serta biaya manajer investasi. Biaya reksadana termasuk alokasi biaya untuk imbalan jasa MI dan bank kustodian. Sedangkan biaya yang dibebankan untuk investor merupakan biaya yang terkait dengan transaksi pembelian dan penjualan reksadana dan biaya transfer.

Bagian lainnya dari prospektus reksadana yang harus dipahami sebelum investasi reksadana adalah:

  • Hak pemegang unit penyertaan yaitu meliputi informasi NAB, menjual sebagian atau seluruh unit penyertaan reksadana ataupun memperoleh pembagian hasil reksadana. Investor juga berhak memperoleh surat konfirmasi transaksi saat bertransaksi serta laporan akhir bulanan dari perkembangan investasi.
  • Pembubaran serta likuidasi.
  • Persyaratan, tata cara pembelian dan penjualan kembali dan pengalihan investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *