Otomotif

Mengapa Setir Mobil Di Negara Indonesia Dan Juga Inggris Berada Di Sebelah Kanan

Pastinya masih banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa setir mobil di negara Indonesia dan juga Inggris berada di sebelah kanan dan berbeda dengan negara-negara lainnya yang justru kebanyakan berada di sebelah kiri. Ternyata penggunaan setir di sebelah kiri sendiri berasal dari kekuasaan romawi pada jaman dahulu di inggris. Karena dulunya hampir semua orang melakukan aktivitasnya dengan menggunakan tangan kiri, sehingga mereka pun biasa mengendalikan kuda menggunakan tangan kiri dan juga membawa dengan menggunakan tangan kanan. Selain itu juga para warga inggris pun terbiasa melaju kendaraannya dengan menggunakan sisi di jalan kiri. Aturan tersebut kemudian membuat para insinyur pun membuat ketera yang desainnya berada di kemudian sebelah kiri. Sehingga dengan menggunakan kemudi yang berada disebelah kir, maka membuat posisi setirnya pun ada di sebelah kanan.

Mobil Setir Kanan

Ternyata tak hanya Inggris dan juga Indonesia saja yang menggunakan setir sebelah kanan pada kemudia mobil. Namun ada beberapa negara lainnya juga yang kemudinya berada di sebelah kanan, yaitu ada negara Jepang, Australia dan juga Malaysia. Kalau masyarakat menggunakan setir mobil pada sebelah kanan karena pengaruh dari negara Inggris, lantas bagaimana dengan Indonesia. Ternyata yang memperkenalkan kemudia di bagian sebelah kanan untuk pertama kalinya bagi Indonesia adalah Belanda, tepatnya saat zaman penjajahan Belanda. Terlebih lagi ketika Jepang ikut menjajah indonesia. Sehingga sampai saat ini, kemudia setir mobil  yang ada di Indonesia berada di sebelah kanan.

Namun pastinya anda tetap bertanya, mengapa justru banyak negara-negara lain yang menggunakan kemudia setir mobil di sebelah kiri. Dulunya , sekitar tahun 1700 an di swedia, pedati digunakan untuk transportasi, dan kusir posisinya berada di sebelah kiri, dan menggunakan tangan untuk mencambuk kuda. Namun agar bisa melewati pedati lainnya dengan mudah, maka posisi jalan di ubah ke bagian sisi kanan, sehingga kemudia pun berada di sebelah kanan. Kebiasaan inilah yang sampai kini masih tetap digunakan ketika mereka mengendarai mobil.  Akan tetapi pada tahun 1967, kebiasaan menyetir mobil sebelah kanan tersebut di ubah menjadi sebelah kiri hingga sampai saat ini. Jadi tak heran  kalau kini banyak negara yang memang menggunakan kemudi setir mobil berada di sebelah kiri, berbeda dengan negara Indonesia, Jepang, Malaysia dan juga Australia yang tetap menggunakan kemudia setir mobil di sebelah kanan.

Bagaimana, sudah mengerti sekarang  mengapa setir mobil di negara Indonesia dan juga Inggris berada di sebelah kanan. Jika ingin mendapatkan artikel menarik lainnya mengenai otomotif, anda bisa mengunjungi saja situs otopik.com. Karena anda bisa membaca berbagai macam artikel otomotif menarik lainnya, mulai sari info mengenai tips, sparepart, dan yang lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *