Bisnis

Miliarder Terus Bertambah Banyak Di India

Di India, Muncul Miliarder Baru Setiap Bulan

Hingga tahun 2017 sudah ada 101 orang miliarder asal India yang masuk dalam daftar 2017 Forbes World’s Billionaires. Angka ini meningkat dibandingkan 84 orang pada tahun 2016 dan 12 orang pada tahun 2005 silam.

Angka tersebut pun menyentuh rekor secara historis. Artinya, ada satu orang miliarder baru di India dalam hampir setiap satu bulan.

“Setiap 33 hari ada seorang miliarder yang masuk dalam daftar tahun lalu,” kata Fakhri Ahmadov, Direktur Pelaksana perusahaan penasihat kekayaan Ahmadoff & Company, seperti dikutip dari Forbes, Senin (4/9/2017).

Menurut laporan World Economic Forum, India berada pada peringkat keempat negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Amerika Serikat berada pada peringkat teratas dengan jumlah miliarder mencapai 565 orang.

Sementara itu, China berada pada peringkat kedua dengan 319 orang miliarder. Adapun Jerman berada pada peringkat ketiga dengan jumlah miliarder 114 orang.

Laporan tersebut juga menyebut bahwa peningkatan jumlah orang tajir di India didorong oleh peningkatan pada segmen ritel konsumer dan redistribusi kekayaan keluarga miliarder kepada generasi berikutnya.

Adapun laporan berbeda yang dirilis Ahmadoff & Company menyatakan, 70 persen miliarder India memperoleh kekayaan dengan usahanya sendiri.

“Kita selalu membayangkan modal swasta India berada di tangan ‘orang kaya lama’ ketimbang wirausaha yang memperoleh kekayaan dengan jerih payahnya sendiri,” jelas Ahmadov.

Namun demikian, riset yang dilakukan perusahaan milik Ahmadov tersebut membuktikan bahwa wirausaha yang menapaki kekayaan dengan usahanya sendiri mencakup 65 persen dari kekayaan para miliarder.

Angka ini pun stabil sejak tahun 2010. India pun saat ini tengah menikmati fenomena perusahaan rintisan atau startup. World Economic Forum melaporkan, India akan memiliki lebih dari 2.000 startup pada tahun 2020 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *