Bisnis

Ulasan Aturan Terkait Reksadana Saham

Reksadana Saham

Reksadana saham merupakan salah satu investasi reksadana dengan dana investasi dialokasikan minimal 80% di saham. Jika dibandingkan dengan reksadana yang lainnya, jenis ini memiliki resiko yang tertinggi namun memiliki atau menghasilkan return yang tinggi atau sebanding dengan resiko yang harus ditanggung. Dalam pelaksanaannya, jenis reksadana dengan instrumen di saham, memiliki beberapa aturan yang harus diketahui.

Kebijakan dan aturan tersebut dibuat dengan tujuan untuk melindungi hak dan kewajiban dari para pemodal atau investor sehingga tidak merugikan pihak tertentu. Aturan pertama adalah investor tidak boleh atau dilarang untuk memiliki atau menguasai modal yang lebih dari 5% di perusahaan dari saham yang terkait. Kedua adalah investasi maksimal yang bisa dilakukan investor adalah sebesar 10% dari besar nilai aset reksadana yang dimiliki untuk 1 sahamnya.

Ketiga adalah investor dilarang untuk membeli saham yang ada di bursa efek luar negeri yang informasi perkembangannya atau informasi saham tersebut tidak bisa diakses di Indonesia baik lewat internet atau lewat media masa. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi pemodal karena jika kesulitan mengakses informasi terkait dengan instrumen tersebut maka akan menyebabkan investor kesusahan dalam pemantauan pergerakan saham yang ada di bursa efek.

Reksadana Saham

Keempat adalah investasi hanya dapat dilakukan di saham perusahaan yang berbadan hukum Indonesia yang ada di Bursa Efek baik yang ada di dalam atau di luar negeri. Dengan cara tersebut, secara langsung mewajibkan jika investasi hanya dapat dilakukan di saham perusahaan yang sudah tercatat nyamannya di pasar modal sehingga nantinya investor atau perusahaan bisa menjual saham secara luas secara resmi dan lebih mudah. Anda bisa memilih untuk membeli reksadana saham di Trimegah. Ada 5 jenis reksadana dengan penempatan dana di saham yang bisa anda pilih yaitu:

  • TRIM Kapital.
  • TRIM Kapital Plus.
  • TRAM Consumtion Plus.
  • TRAM Infrastruktur Plus dengan investasi di bagian efek yang bersifat ekuitas yang berkaitan dengan infrastruktur misalnya untuk industri dasar, finansial, perdagangan dan properti.
  • TRIM Syariah Saham pada efek syariah yang telah terdaftar di Daftar efek syariah dari OJK/pihak yang diakui OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *